Tradisi di Korea yang Mirip Dengan Tradisi Indonesia

Tradisi di Korea yang Mirip Dengan Tradisi Indonesia – Jika mendengar nama Korea Selatan yang terlintas di benak kita adalah tren KPop. Namun ada hal yang unik di antara Korea Selatan dan Indonesia. Apakah itu?

Sama seperti Indonesia, ternyata Korea Selatan juga memilki beberapa kesamaan tradisi, nih.

Simak yuk kesamaan apa saja itu.

1. Upacara adat untuk bayi

Melansir dari http://eglise-apostolique-armenienne.org/ jika di Indonesia, khususnya masyarakat Jawa memiliki upacara tedak siten, maka Korea Selatan juga punya upacara adat serupa, nih yang disebut dengan doljanchi.

Kedua upacara ini diselenggarakan untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan karena telah dianugerahi buah hati. Bila tedak siten di lakukan saat pertama kali bayi menginjak tanah, maka doljanchi di selenggarakan pada saat ulang tahun pertama si buah hati.

2. Gemar mengonsumsi mie instan

Ternyata orang Korea juga gemar mengonsumsi mie instan, lho. Makanan yang satu ini biasanya di konsumsi sebagai pengganti nasi atau dinikmati kala keuangan sudah menipis. Jika mie instan di Indonesia hadir dalam berbagai varian rasa, umumnya mie instan di Korea di dominasi dengan cita rasa pedas.

3. Menghormati orang yang lebih tua

Tidak semua negara menjunjung tinggi tradisi yang satu ini, lho. Sebagai sesama orang Asia, tentu saja menghormati orang yang lebih tua menjadi salah satu bagian tradisi yang tidak bisa di hapuskan dari masyarakat kita.

Bila di Indonesia kita acapkali mencium tangan orang yang lebih tua, maka di Korea Selatan di lakukan dengan membungkukkan badan kurang lebih sekitar 45 derajat, tidak hanya sekadar berjabat tangan saja.

4. Mudik

Bila orang Indonesia mudik saat Lebaran tiba maka orang Korea juga akan mudik saat Chuseok tiba. Chuseok sendiri merupakan sebuah festival atau pesta panen yang di lakukan oleh orang Korea Selatan pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Kesempatan ini sama seperti saat mudik Lebaran, orang Korea Selatan juga akan berziarah ke makam leluhurnya untuk memberi penghormatan.

5. Mengenakan pakaian adat saat pernikahan

Yang terakhir di kurtip dari http://hanoiquan.com.au Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi budaya, orang Korea Selatan dan Indonesia juga memilki satu kesamaan lain, yakni mengenakan pakaian adat saat pernikahan. Bila Indonesia memilki ragam pakaian adat dari berbagai macam daerah di penjuru Nusantara. Maka, orang Korea akan mengenakan hanbok atau pakaian tradisonal mereka saat mereka menikah.