Tokoh-Tokoh Hebat Di Balik Tangguhnya Mobil Jepang

Tokoh-Tokoh Hebat Di Balik Tangguhnya Mobil Jepang

Kisah Singkat Pendiri Raksasa Otomotif Jepang, Sakichi Toyoda sukajepang.com

Mobil-mobil Eropa memang di kenal dengan kenyamanan dan kemewahannya. Tapi soal ketangguhan, sepertinya mobil Eropa masih harus mengakui mobil-mobil Jepang jauh lebih unggul.

Selain itu mobil-mobil Jepang juga di kenal lebih irit bahan bakar di bandingkan dengan mobil Eropa atau Amerika. Oleh arena itu harga bekas mobil Jepang lebih tinggi dari mobil Eropa dan Amerika.

Tapi kalian tahu gak sih siapa aja sosok-sosok hebat di balik hebatnya dunia otomotif Jepang? Di lansir dari eglise-apostolique-armenienne.org, yuk kenalan sama mereka!

1. Sakichi Toyoda

Siapa mengira Toyota pada awalnya hanyalah pabrik pembuat mesin tenun? Di kutip dari burberryoutlet-store.us.com/, pabrik yang beroperasi pada 1924-1933 tersebut bernama Toyoda. Pemiliknya adalah Sakichi Toyoda.

Perubahan terjadi pada 1933, yakni ketika putra Sakichi Toyoda, yakni Kiichiro Toyoda, membuat divisi baru yang memproduksi mobil.

Divisi ini ternyata menjanjikan. Mereka sukses membuat satu unit mobil penumpang pada April 1936. Mobil itu di beri nama Toyoda Model AA.

Setahun kemudian, Kiichiro mengganti nama Toyoda menjadi Toyota. Alasannya karena Toyota di nilai lebih membawa keberuntungan.

Kiichiro kemudian memisahkan diri dari perusahaan ayahnya dan mendirikan Toyoda Motor Corporation pada 1941. Inilah cikal bakal Toyota yang kita kenal sekarang ini.

2. Soichiro Honda

Jika Toyota bermula dari pabrik pembuat mesin tenung, maka Honda berasal dari pabrik Toyota. Sebab Honda awalnya hanya pabrik yang memproduksi komponen mesin untuk di suplai ke Toyota.

Uniknya lagi, produksi pertama mereka bukan mobil, melainkan motor dengan mesin 50cc. Motor tersebut hanya di buat oleh 12 orang staf Soichiro Honda.

Mobil pertama yang di buat Honda baru terealisasi pada Agustus 1963. Mobil itu di namai pickup mini T360.

Namun Honda baru secara resmi meluncurkan mobil pertama mereka pada Oktober 1963. Saat itu, mobil yang di perkenalkan adalah S500.

3. Yataro Iwasaki

Mistubishi sebenarnya telah lebih dulu berkiprah di dunia permesinan di bandingkan Honda atau Toyota. Sebab pemilik Mistubishi, Yataro Iwasaki, telah memproduksi mesin pelayaran pada 1870.

Iwasaki baru mulai melirik industri mobil pada 1917. Saat itu Mitsubishi membuat mobil penumpang yang di namai Model A. Sayang, mobil ini kurang laris.

Iwasaki tak menyerah. Pada 1934, ia kembali memperkenalkan mobil baru, yakni PX33. Ini adalah mobil militer dengan empat penggerak roda!

Sejak itu Iwasaki terus memproduksi mobil.