Tiga Tokoh Asia yang Berhasil Tembus Penghargaan Tertinggi Hollywood

Tiga Tokoh Asia yang Berhasil Tembus Penghargaan Tertinggi Hollywood

Profil Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Raih Golden Globe  Halaman all - Kompas.com

Di lansir dari eglise-apostolique-armenienne.org, sejak dulu Hollywood di kenal sebagai tempat yang di dominasi tokoh-tokoh kulit putih. Terutama untuk aktor dan filmmaker asal Asia, ada istilah bamboo ceiling. Istilah ini merujuk pada sulitnya pekerja industri film asal Asia untuk masuk dalam daftar tokoh elit dan eksekutif di Hollywood.

Meski beberapa film asal dan berlatar Asia sempat menyabet penghargaan tertinggi. Akan tetapi nama tokohnya jarang sekali tersebut alias masuk nominasi langsung. Barulah sejak tahun 2020 lalu, nama-nama Asia mulai menyeruak dan merekam rekor-rekor baru. Kira-kira siapa sajakah tokoh Asia yang berhasil menembus nominasi di Oscars dan Golden Globes sepanjang sejarah? Di kutip dari raybanssunglasseses.us.com/, berikut ini beberapa daftar nama tokoh tersebut.

1. Chloe Zhao

Yang pertama nama Chloe Zhao mencuat sejak ajang Golden Globe beberapa waktu lalu. Ia di kenal karena dominasi film garapannya Nomadland di ajang bergengsi tersebut. Tidak di sangka, ia memecahkan rekor sebagai sutradara perempuan Asia pertama yang menyabet penghargaan di Golden Globes.

Pada ajang Oscars 2021 mendatang, namanya kembali terdaftar dalam nominasi sutradara terbaik. Lulusan NYU ini juga akan merilis film baru berjudul Eternals yang di adaptasi dari komik Marvel.

2. Steven Yeun

Yang kedua tidak beda dengan Chloe Zhao, Steven Yeun juga memecahkan rekor sebagai salah satu orang Asia pertama yang masuk dalam daftar nominasi aktor terbaik di ajang Academy Awards atau Oscars. Steven Yeun menemukan momennya setelah tampil cemerlang di film Minari yang juga memborong banyak nominasi tahun ini, baik di Golden Globe maupun Oscars.

Steven Yeun berasal dari Korea Selatan, tetapi besar di Amerika Serikat dan di kenal lewat Okja dan Walking Dead.

3. Riz Ahmed

Dan yang terakhir nama Asia berikutnya yang memecahkan rekor adalah Riz Ahmed. Ia juga masuk nominasi aktor terbaik bersanding dengan Steven Yeun. Lahir dari kedua orang tua asal Pakistan, Riz besar di Inggris. Selain mewakili Asia, Riz Ahmed menambah daftar muslim yang meraih nominasi Oscars setelah Mahershala Ali, Shohreh Aghdashloo, dan Omar Sharif. Namun, untuk kategori aktor terbaik, Riz memecahkan rekor sebagai muslim pertama.

Riz Ahmed memukau penonton lewat film Sound of Metal yang sebelumnya sempat di putar di TIFF 2019. Film tersebut mengharuskannya berperan sebagai musisi yang kehilangan pendengarannya.