DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19, – Kasus positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia masih terus bertambah. Hingga Minggu kemarin tercatat ada 86.521 kasus corona di Tanah Air.

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melakukan evaluasi terhadap seluruh kebijakan yang telah diambil. Selain itu, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap efektivitas semua institusi negara dalam penanganan Covid-19.

“Kalau masih pakai pendekatan lama dan yang ada saat ini, saya khawatir penyebaran virus tidak bisa dihentikan. Harus ada langkah-langkah progresif yang dilakukan,” kata Saleh, Selasa.

Melansir dari http://rollingthundertour.org/, Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah mengevaluasi penanganan pandemik COVID-19 terkait meninggalnya 100 dokter akibat virus corona. Puan menegaskan pemerintah harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat dalam menangani pandemik.

“Saat ini adalah saat krusial bagi pemerintah untuk bergotong-royong bersama DPR RI, untuk mengevaluasi. Kalau memang saat ini adalah waktu untuk kita menginjak rem, jangan mempercepat laju dari apa yang menjadi keinginan kita, keselamatan dan kesehatan masyarakat lebih penting dari segala-galanya,” kata Puan, usai rapat paripurna dalam rangka HUT ke-75 DPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, pemerintah perlu memberdayakan semua potensi yang ada. Selain para dokter dan tenaga kesehatan, para ahli virus baik dari perguruan tinggi maupun dari berbagai lembaga riset dan penelitian yang ada juga diberdayakan. Semua pendapat dan masukan harus didengar. Serta, diramu guna merumuskan langkah dan strategi baru dalam melawan Covid-19.

DPR ucapkan belasungkawa atas meninggalnya 100 dokter akibat COVID-19

Puan juga menyampaikan duka mendalam, atas gugurnya 100 dokter yang menangani pandemik COVID-19. Menurut dia, dokter dan tenaga medis adalah pahlawan kesehatan yang bekerja keras menangani pandemik.

“Kami mengucapkan belasungkawa atas gugurnya dokter yang menjadi pahlawan kesehatan dalam menangani pandemik COVID-19. Pemerintah harus memikirkan langkah-langkah cepat, agar ketersediaan dokter dan tenaga kesehatan tetap memadai dalam penanganan COVID-19,” ujar politikus PDIP itu.

Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas

Perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI itu berharap pemerintah dapat mencermati dan mengevaluasi seluruh kebijakan yang dijalankan. Puan juga meminta pemerintah mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat serta petugas medis, seiring dengan upaya memperbaiki kondisi perekonomian.

“Kami berharap pemerintah bisa melakukan hal strategis dalam mengatasi hal ini. Jangan membiarkan, jangan sepertinya tidak apa-apa. Sudah waktunya pemerintah mengetatkan protokol COVID-19 agar masyarakat kembali waspada, penting menjaga kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat,” ungkap Puan.

“Kami juga berharap bantuan sosial untuk penanganan dampak COVID-19 terus dimaksimalkan penyalurannya,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah V tersebut.