Agar Tak Salah Paham, 10 Simbol Spiritual Ini Perlu Kamu Tahu Artinya

Agar Tak Salah Paham, 10 Simbol Spiritual Ini Perlu Kamu Tahu Artinya

Agar Tak Salah Paham, 10 Simbol Spiritual Ini Perlu Kamu Tahu Artinya

Agar Tak Salah Paham, 10 Simbol Spiritual Ini Perlu Kamu Tahu Artinya – Mungkin kamu sudah mengenali beberapa simbol spiritual berikut. Banyak simbol spiritual dapat gunakan pada berbagai belahan dunia ini. Namun, tak banyak yang tahu tentang makna sebenarnya yang ada pada balik simbol tersebut. Karena gak paham, banyak orang mengidentikkan simbol-simbol tersebut dengan konotasi negatif. Apa saja sebenarnya makna dari simbol-simbol ini?

1. The Hamsa

Hamsa dalam Bahasa Arab berarti angka lima dan merepresentasikan 5 d’igit dari tiap tangan. Hamsa adalah tanda universal untuk perlindungan dan sering kali mengkombinasikan dengan mata jahat yang berniat untuk menyakitimu. Berdasarkan sejarah dari simbol ini, ketika seseorang melihatmu dengan niat jahat sementara kamu membawa simbol ini, mereka gak akan mampu mencelakaimu. Melansirkan dari testyfesty.com

2. The Tree of Life (Pohon Kehidupan)

Pohon kehidupan juga sebut sebagai pohon dunia yang terhubungkan dengan kelahiran, kehidupan dan kelahiran ulang lingkaran kehidupan. Dalam kepercayaan Kristiani, pohon ini juga terpercaya sebagai pohon pada kebun Eden ke mana Adam dan Hawa mengambil buah terlarang.

Secara umum, pohon kehidupan memiliki hubungan antara empat elemen yaitu bumi, angin, udara dan api. Selain itu juga merepresentasikan hubungan gak terbatas antaran segala hal terkait penciptaan.

3. The Ankh

Simbol ini mengenal  memiliki hubungan kuat dengan orang Mesir.Ketahui bahwa pendahulunya akan menggunakan Ankh selama berhubungan seksual dalam rangka membentuk ulang energi seksual ketika telah mencapai orgasme. Secara umum, Ankh menjadikan simbol kehidupan abadi dan regenerasi. Kini, Ankh sering kali kebawa oleh orang sebagai lambang kehidupan dan kebijaksanaan spiritual.

4. Eye of Horus (Mata Horus)

The Wadjet (atau Ujat, berarti “satu keutuhan”) adalah simbol yang kuat terkait perlindungan di Mesir kuno, yang juga diketahui sebagai “mata Horus” atau “mata yang melihat segalanya”. The Wadjet awalnya dimaksudkan untuk melindungi Firaun di bumi dan setelah kehidupan bumi, juga untuk menangkal kejahatan. Mesir kuno dan pelayar timur tengah akan secara berkala melukis simbol ini di lengkungan kapalnya untuk memastikan keamanan berlayar.

5. The Lotus Flower (Bunga Lotus)

Ini adalah simbol spiritual penting dalam kepercayaan Buddha dan beberapa kepercayaan lainnya. Lotus secara umum dianggap sebagai tanda pencerahan. Bunga lotus tumbuh dari air yang gelap dan berlumpur digambarkan sebagai materialisme yang membuka kelopaknya menyambut pencahayaan sinar matahari.

Simbol ini merepresentasikan perjalanan keluar dari kegelapan dan menuju transformasi. Ini juga menjadi tanda dari pentingnya keikhlasan pelepasan sebagaimana tetesan air dengan mudahnya meluncur dari bagian bunganya.

6. The Yin Yang

Tanda ini merepresentasikan harmonisasi dari dua hal. tanda ini mensignifikansikan kesatuan pada antara energi maskulin dan feminin. Yin yang adalah pengingat spiritual bahwa keseimbangan antara cahaya dan kegelapan yang menyertakan pendekatan paling holistik menuju kehidupan yang bermakna. Alam semesta patuh pada hukum keseimbangan.

7. The Pentacle

Sering tersalah-sangkakan sebagai lambang setan, pentagram sebenarnya menggambarkan simbol kualitas dari seorang manusia.
Ujung atas merepresentasikan jiwa dan semangat, sementara poin lainnya merepresentasikan empat elemen. Para Wiccan menggunakan simbol ini dalam upacara sakral untuk mengingatkan mereka pada dasar seorang manusia.

8. The Caduceus

Seringkali tersalah-artikan sebagai simbol dari organisasi kesehatan, Caduceus adalah simbol dari Dewa Hermes dan menyertakan dua ular yang melilit pada sekitar tongkat bersayap.Caduceus menggambarkan simbol astrologi, mewakili Planet Merkurius.

Simbol Caduceus juga merepresentasikan kekuatan energi kehidupan utama. Ular kembar menggambarkan Kundalini, energi yang berbasis dari tulang punggung/belakangmu, satunya menjadi feminin dan satunya menjadi maskulin, terjalin antara satu sama lain. Ini akan membawa orang sukses memiliki sayap menuju kehidupan yang baru.

9. Dharma Wheel (Roda Dharma)

Roda dharma, atau “roda hukum” adalah simbol Buddha untuk mengajarkan jalan menuju Nirwana. Setiap pesannya merepresentasikan langkah dari jalan delapan kali lipat Buddha. Menariknya, simbol ini bahkan lebih tua dari kepercayaan Buddha itu sendiri, tercatat tertemukan pada tahun 2500 sebelum masehi.

10. The Flower of Life (Bunga Kehidupan)

Salah satu simbol dari geometris sakral adalah bunga kehidupan yang nampak mengandung semua pola penciptaan  dalamnya. Simbol ini terdiri dari 7 bahkan lebih simbol yang saling bertumpuan satu sama lain. Simbol ini tertemukan hampir pada seluruh peradaban kuno dan mempertimbangkan sebagai formasi sakral penciptaan yang paling banyak mempercayai.

Jadi Simbol adalah salah satu hal luar biasa yang meninggalkan impresi psikologis dalam pikiran kita hanya dengan melihatnya. Hanya dengan mempelajarinya secara mendalam dan mendetail mengenai maknanya, tiap simbol akan mampu membuat kita terhubung dan memahami suatu makna yang besar dengan goresan sederhana.