5 Manfaat Terbuka dengan Pasangan soal Finansial

5 Manfaat Terbuka dengan Pasangan soal Finansial

5 Manfaat Terbuka dengan Pasangan soal Finansial

5 Manfaat Terbuka dengan Pasangan soal Finansial – Menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan membutuhkan usaha bersama. Terutama jika sudah berumah tangga, kejujuran dan kerja sama dengan pasangan harus selalu dilakukan. Termasuk kejujuran dan terbuka tentang keuangan.

Uang adalah hal yang sensitif, bahkan untuk pasangan suami istri. Faktor ekonomi sering menjadi alasan perceraian. Oleh karena itu, kamu dan pasangan sebaiknya saling jujur dan terbuka masalah keuangan. Berikut pentingnya terbuka masalah keuangan dengan pasangan.

1. Membangun tujuan keuangan bersama

Saat berkeluarga tentunya banyak keinginan dan cita-cita yang ingin kamu capai. Misalnya memiliki rumah, memiliki kendaraan, investasi, dan menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

Melansir dari http://utowndc.com/ dengan terbuka masalah finansial bersama pasangan, maka kamu bisa menentukan tujuan bersama. Kamu dan pasangan bisa membuat berbagai target yang ingin kalian capai, menentukan jangka waktunya, dan menentukan langkah untuk mencapai tujuan bersama tersebut.

2. Meminimalisir pertengkaran

Faktor ekonomi bisa menjadi salah satu penyebab pertengkaran pasangan. Apalagi jika kamu tidak jujur kepada pasangan. Oleh karena itu, setiap pasangan perlu jujur tentang pengeluaran, pendapatan, serta apakah punya utang atau cicilan. Jangan sampai menutup-nutupi masalah keuangan karena nantinya bisa menjadi bumerang untuk hubunganmu.

3. Bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan

Mencapai tujuan keuangan dalam keluarga tentu membutuhkan kerja sama dengan pasangan. Kalian bisa berbagi tugas dalam mengatur keuangan. Jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja maka putuskan tentang pengelolaannya. Apakah dikelola masing-masing atau digabung lalu menunjuk salah satu untuk mengatur keuangan.

Selain itu kamu dan pasangan juga bisa berbagi tugas untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya siapa yang bertugas memenuhi belanja bulanan, siapa yang membayar cicilan, dan lainnya. Kalian bisa membuat anggaran keuangan bersama agar saling terbuka.

4. Mengetahui arus keuangan dalam rumah tangga

Kamu dan pasanganmu perlu mengetahui arus masuk dan keluarnya keuangan dalam rumah tangga. Hal itu penting agar saling transparan dan tidak terjadi perselisihan. Kamu dan pasangan tidak akan salah paham jika ada pengeluaran tambahan selain kebutuhan rutin.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempunyai catatan pengeluaran dengan detail. Sehingga jika ada masalah keuangan, kalian bisa mencari jalan keluarnya bersama.

5. Saling mengingatkan dan mengontrol agar keuangan tidak bocor

Terkadang ada saja keinginan yang ingin kita turuti. Misalnya tertarik dengan banyaknya diskon dan cashback, atau tertarik mencicipi kuliner terkini. Nah, saat kondisi seperti itu, kamu membutuhkan seseorang untuk mengingatkan agar kamu tidak kebablasan belanja hingga tabungan bocor. Kamu dan pasanganmu bisa saling mengingatkan dan mengontrol pengeluaran demi mencapai tujuan bersama.